Loading...

Tips Perawatan Kenari Mabung

Burung kenari yang mabung (bahasa bebas di Jogja = mbrodol, ambrol) mungkin membuat kita malas untuk merawatnya, karena sedang malas untuk berbunyi, dan tidak lincah seperti biasanya. Ciri-ciri kenari mabung atau tanda yang paling mudah dilihat adalah lepasnya bulu-bulu kenari yang sedang mabung. Kenari yang mabung perlu perawatan yang khusus dibanding kenari yang sedang sehat karena kenari yang mabung lebih sensitif. Lama kenari mabung biasanya memakan waktu 1 bulan, dan 1 bulan lagi pada masa pemulihan.


Cara perawatan atau merawat burung kenari mabung ada beberapa cara dan teknik sendiri, pengalaman kami dalam merawat kenari mabung adalah sebagai berikut :

Penanganan kenari mabung : Pastikan kenari dalam sangkar yang bersih dan selalu dibersihkan setiap hari dan tempatkan dalam ruang dengan kondisi yang tenang dan jangan terlalu berangin.

Jangan lupa sangkar selalu di kerodong, baik siang maupun malam agar tetap tenang dan tidak terganggu lingkungan luar.

Makanan kenari mabung : Berikan makanan dan multivitamin yang banyak mengandung protein tinggi, misalnya telur puyuh, dan juga sayuran setiap hari harus diganti. Tambahkan juga jagung muda untuk tetap mendapatkan asupan karbohidrat.

Jangan terlalu sering dan lama dijemur pagi. Tapi sekali-kali bisa kita jemur minimal 2 hari dalam satu minggu.

Demikian tips perawatan merawat kenari mabung agar mabung cepat selesai dan kenari kita bisa kicau seperti biasa. 
Arif Tips Perawatan Kenari Mabung By Tarung Jago Published: 2012-08-27T18:53:00-07:00 Tips Perawatan Kenari Mabung 5.0 99 reviews
Tips Perawatan Kenari Mabung
Posted by: Arif Tarung Jago Updated at: 18.53