Loading...

Atasi Pentet | Toet | Cendet Birahi

Cara mengatasi cendet galak dan birahi
Pentet atau cendet merupakan burung yang bisa menirukan suara burung-burung di sekelilingnya jika memang burung pentet ini di master dengan beberapa burung master, seperti ciblek, lovebird, cucak jenggot, kenari bahkan suara jangkrikpun bisa ditirunya, jika sudah komplit dengan berbagai macam isian suara burung master tak di ragukan burung tersebut mempunyai harga yang sangat tinggi.

Akan tetapi bagaimana jika burung pentet ini yang menjadi andalan atau burung kesayangan anda mendadak menjadi nakal, diam, stres dan galak atau overbirahi, pasti anda pusing tujuh keliling ditambah lagi, jika di turunkan di arena lomba hanya bisa diam, loncat-loncat ketakutan serta mencabuti ekornya.

Berikut ini saya mencoba berbagi info tentang masalah pentet diatas yaitu tentang perbedaaan burung pentet yang Stres maupun burung pentet yang over birahi karena biasanya dengan kedua masalah tersebut burung jadi tidak dan jarang bunyi dan antara pentet stres dan pentet over birahi mempunyai persamaan, berikut ini adalah ada beberapa burung pentet yang over birahi diantaranya yaitu :
  • burung terlalu banyak bergerak, bisa sering salto atau sering locat ke samping kiri dan kanan.
  • Jika melihat burung lain atau melihat pentet lagi seperti ingin mengejarnya.
  • Jika orang mendekat akan langsung menyambar dan galak.
Solusinya adalah :
  • Pangkas porsi Jangkrik menjadi 2 pagi dan 2 sore.
  • Berikan Cacing 2 ekor 2x seminggu.
  • Berikan Ulat Bambu 2 ekor 3x seminggu.
  • Frekuensi mandi dibuat lebih sering, misalnya pagi-siang dan sore.
  • Lamanya penjemuran dikurangi menjadi 30 menit/hari saja.
  • Dan jika bisa Mandi malam.
Baiklah ini hanya sekedar sharing info saja, dalam merawat burung berkicau, karena menurut saya sebagus apapun serta dari mana asal muasal pentet itu tidak akan membawa hasil yang maksimal, Jika kalau pentet tersebut memang tidak mempunyai trah atau karakter tempur yang mumpuni dan memiliki mental yang bagus.

Oleh karena itu ada beberapa hal yang mungkin perlu anda diperhatikan, yaitu potensi ngoceh tanpa henti bisa dilihat dari perawakannya, pilih burung berkepala besar dan membulat, karena di yakini pertanda burung bagus dan pintar, serta diantaranya dalam memilih burung Pentet yang masih bahan yaitu :
  1. Berkelamin jantan, ciri-ciri burung Cendet jantan dapat dilihat warna bulu yang tegas mengkilap dan kontras. 
  2. Bentuk paruh, sebaiknya pilih bentuk paruh yang berpangkal lebar, tebal, besar dan panjang. Paruh bagian bawah cenderung lurus. Jangan memilih bahan yang memiliki paruh bengkok. Posisi lubang hidung pilih sedekat mungkin dengan posisi mata.
  3. Kepala besar, mata bulat besar dan melotot. Ini menandakan burung ini mempunyai mental tempur yang baik. 
  4. Postur badan, pilihlah bahan yang berpostur sedang dengan panjang leher, badan dan ekor serta kaki yang serasi. Jangan memilih bahan yang berleher dan berbadan pendek.
  5. Sayap mengepit rapat dan kaki mencengkram kuat, ini menandakan bahan tersebut  sehat. Pilihlah Kaki yang besar dan terlihat kering. Warna kaki tidak berpengaruh terhadap mental burung.
  6. Lincah dan bernafsu makan besar. Ini merupakan ciri-ciri bahan yang bermental baik.
  7. Leher panjang padat berisi. Menandakan burung ini akan mengeluarkan power suara secara maksimal.
Konon jika pentet mempunyai paruh tebal dan tampak kokoh menandakan burung bisa membawakan lagu dengan tembakan dan volume keras, dan sebaliknya bila paruh terlihat pipih, cendrung ngerol ( bila ngerol volume suara akan lebih kecil karena di butuhkan udara/nafas lebih lama ), pentet bertubuh pipih memanjang memiliki kebiasaan nagen saat bunyi, terlebih lagi apabila warna dada putih bersih dan kaki kokoh mencengkram tangkringan, itu menandakan pentet mempunya mental tanding yang serta gaya tarung yang baik dan anteng atau istilahnya nagen.

Dan jenis makanan pokok Pentet yaitu, Voer akan lebih baik sebaiknya pilih yang berkadar protein sedang yaitu: 12%-18%, karena belum tentu Voer yang berharga mahal akan cocok dengan sistem metabolisme setiap burung Cendet, serta EF ( Extra Fooding ), pakan tambahan yang sangat baik buat burung Pentet atau Cendet  yaitu: Jangkrik, Orong-orong, Kroto, Cacing, Ulat Hongkong, Ulat Bambu, Kelabang, Belalang dan lainnya, pemberian EF harus selalu disesuaikan dengan karakter pada masing-masing burung dan juga harus mengetahui dengan pasti dampak klausal dari pemberian EF tersebut.
Mudah mudahan sharing info tentang burung pentet ini bisa menambah pengetahuan bagi para pecinta hobi burung pentet khususnya bagi new comer pentet mania, dan bagi para master pentet kiranya mohon maaf jika ada dan masih banyak kekurangan atas hal tersebut di atas dan jika ada tips lain yang bermanfaat untuk rekan rekan penggemar pentet, di persilahkan berbagi tips-tipsnya melalui comment di bawah ini.

Komunitas Pecinta Hobi Burung Berkicau, berbagai sumber dan Smart Mastering
Arif Atasi Pentet | Toet | Cendet Birahi By Tarung Jago Published: 2012-11-14T07:29:00-08:00 Atasi Pentet | Toet | Cendet Birahi 5.0 99 reviews
Atasi Pentet | Toet | Cendet Birahi
Posted by: Arif Tarung Jago Updated at: 07.29