Loading...

Cara Mengatasi Ayam Sakit (Jawa : Gering)


Salah satu resiko yang harus dihadapi para peternak adalah penyakit yang menyerang peliharaannya, bisa ayam, burung, angsa, kambing maupun yang lain. Namun kita sebagai peternak tidak usah merasa khawatir akan sakit yang menyerang ternak kita. Mari kita baca tips mengatasi ayam sakit.

Dalam postingan kali ini kami akan memberikan tips mengatasi ayam sakit, ayam gering dalam basa jawa. Anakan ayam yang baru berumur 1 - 3 minggu rentan sekali terhadap berbagai penyakit yang bisa menyerang ayam tersebut. Misalnya ayam kelihatan kurang semangan dalam makan, ayam tidak mau berdiri, dan ayam yang mengeluarkan kotoran ayam putih.

Pertama, apabila memberikan air minum, jangan sekali-kali air minum mentah dari sumur atau kran, berikan ayam minum dari air matang. Meskipun agak repot, tapi hasilnya bisa dilihat.

Kedua, berikan vitamin dalam air minumnya, misalnya vitachick.

Ketiga, bersihkan kandang secara rutin dan kotoran ayam itu sendiri maupun dari kotoran sisa makanan. Bisa 2 hari sekali atau menurut kebutuhan.

Keempat, berikan pakan yang berkualitas, jangan yang asal murah, tapi berikan pakan yang mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh anakan ayam.

Selamat mencoba tips mengatasi ayam yang sakit, ayam gering.
Arif Cara Mengatasi Ayam Sakit (Jawa : Gering) By Tarung Jago Published: 2012-01-06T05:59:00-08:00 Cara Mengatasi Ayam Sakit (Jawa : Gering) 5.0 99 reviews
Cara Mengatasi Ayam Sakit (Jawa : Gering)
Posted by: Arif Tarung Jago Updated at: 05.59