Loading...

Tips Memilih Kenari Yorkshire

Tips memilih kenari yorkshire, kenapa Yorkshire? karena jenis kenari impor ini kadang susah menyesuaikan cuaca dan suasana di Indonesia yang tropis dan cenderung panas, bila musim kemarau, dan dingin ketika musin hujan tiba.

Kenari Yorkshire ini sangat digemari oleh para master kenari karena bentuk dan postur yang relatif lebih besar dari kenari lokal.


Berikut ini tips memilih kenari yorkshire, agar didapat kenari yang berkualitas bagus :

1. Lincah dan banyak bergerak, rajin makan, sorot mata tajam dan tidak ada kotoran menempel di pantat atau pangkal ekor

2. Periksa kondisi fisiknya. Sebelum melakukan hal ini, sebaiknya ijin dulu pada sang pemilik untuk memegang tubuhnya. Selanjutnya, raba tulang dadanya. Kalau badanya kurus (dada menonjol tipis seperti silet) sebaiknya jangan diambil. Dikhawatirkan YS mengidap penyakit. Dengarkan suara napasnya, jika napasnya terdengar berbunyi ngik… ngik, sebaiknya jangan diambil. Ditakutkan terkena penyakit pernapasan.

3. Kalau ada sangkar kosong pisahkan Yorkshire yang sudah dipilih.

4. Perhatikan postur badannya :
- Badannya seperti wortel terbalik.
- Mata cerah dan sorot matanya tajam.
- Bulu tipis V.
- Kaki tinggi jenjang.

5. Pilih umur sesuai kebutuhan, jika ingin cepat berreproduksi atau ingin cepat diternak pilih Yorkshire kelahiran tahun 2008, 2007 maksimal kelahiran 2006.
Disarankan usia maksimal 3 tahun. Bila diatas 3 tahun dikhawatirkan YS tersebut indukan afkir. Kalau Anda ingin mencari YS untuk kebutuhan master pilih usianya yang masih muda. Jenis ini bisa dikategorikan sebagai burung-burung yang mudah dimaster sebagian suara master dapat di terima dengan baik.
Kelemahan memilih kenari usia muda membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa mendengarkan suaranya.

6. Seperti diketahui YS merupakan kenari lambat bunyi. Pada saat memilih jangan terlalu berharap dapat Yorkshire bunyi. Mendapatkan yang ngeriwik saja sudah cukup. Biasanya Yorkshire bunyi ciapnya kencang berprospek suara kencang. (omkicau.com)
Arif Tips Memilih Kenari Yorkshire By Tarung Jago Published: 2012-01-25T06:47:00-08:00 Tips Memilih Kenari Yorkshire 5.0 99 reviews
Tips Memilih Kenari Yorkshire
Posted by: Arif Tarung Jago Updated at: 06.47