Loading...

ARTI DARI WARNA BULU AYAM BANGKOK

Warna Bulu Ayam bangkok atau Aduan

Ayam bangkok memiliki berbagai macam kelebihan diantara ayam lainnya, hal ini sangat diperhitungkan oleh banyak orang yang menggemari ayam aduan. Warna bulu ayam aduan super atau berkelas biasanya sangat berpengaruh pada garis keturunan dan tidak jarang membawa keunggulan di dalam pertarungan. Warna bulu yang biasa terlihat atau banyak ditemui adalah warna rawis wiring kuning dan wiring geni ini menandakan banyak sekali indikasi yang menunjukkan bahwa warna tersebut paling berkelas. tetapi sebenarnya masih banyak warna bulu lain diantaranya;
  1. Wiring Geni dan kuning, warna ini memiliki kharisma tersendiri dengan format warna dasar hitam diringi dengan warna merah atau kuning sedangkan warna cenderung hitam dan agak kecoklatan biasa disebut wiring galih. Biasanya ayam yang memiliki rawis tembus dalam arti dari leher hingga sandangan ke bawah dan bulu buntut (brutu) berwarna hitam merucut tidak melebar itu adalah termasuk ayam berkelas.
  2. Gesin (hitam) atau biasa disebut warna taduang memiliki warna dasar hitam dari rawis hingga sandangannya berwarna hitam. Warna ini memiliki khas dan ciri tertentu dengan keistimewaanya dalam bertarung. Gesin yang bagus memiliki sandangan tembus dari rawis hingga ke bawah dan memiliki paruh berwarna hitam tembus hinggan kaki maka memiliki keunggulan tersendiri. Menurut orang jawa ciri seperti ini menandakan ayam yang dapat diunggulkan.
  3. Semu gesin biasa disebut bengkeh, berwarna hitam namun berawis kuning atau merah pias (samar).
  4. Kelawu, warna klawu memiliki corak warna abu-abu. Bisa saja hitam namun tetap bercorak putih abu-abu (blentang-blentong, Jawa). Ayam berwarna kelawu biasanya memiliki teknik dan gaya bertarung yang baik dan tidak jarang mempunyai pukulan yang mematikan, namun tidak jarang sering melayu (kabur) sendiri saat bertarung walaupun dalam keadaan unggul. Dalam kebiasaan jawa, warna kelawu tidak ditarungkan dalam waktu sore hari atau stelah jam 12 lebih.
  5. Blorok, Warna blorok mempunyai warna dasar hitam pias atau hitam dengan corak tutul-tutul (warna putih). Ayam ini bisa saja mempunyai sandangan merah, kuning. yang jelas blorok bercirikan tutul-tutul. Warna blorok bersih tidak bersandangkan merah atau kuning memiliki khas keistimewaan tersendiri.
  6. Jalak, Warna jalak mempunyai dasar kuning dan memiliki corak hitam, kuning hitam. Jalak meurut primbon tidak boleh bertarung saat jam 12 lebih karena kebiasaannya mengantuk setelah jam tersebut.
  7. Putih, Warna bulu putih biasanya mempunyai keistimewaan membuat sial lawannya walaupun si putih kalah bertanding. Setelah lawan mengalahkan putih biasanya lawan akan sial karena menurut primbon, putih sperti kuwu yang memiliki derajat diatas warna lainnya.
Sekilas warna bulu tersebut menandakan tingkatan ayam aduan. Namun diberbagai daerah mungkin memiliki gambaran tersendiri dengan penamaan yang berbeda yang jelas setiap daerah mempunyai perumpamaan dan penilaian tersendiri.
Arif ARTI DARI WARNA BULU AYAM BANGKOK By Tarung Jago Published: 2012-12-19T22:15:00-08:00 ARTI DARI WARNA BULU AYAM BANGKOK 5.0 99 reviews
ARTI DARI WARNA BULU AYAM BANGKOK
Posted by: Arif Tarung Jago Updated at: 22.15