Loading...

jamu tradisional untuk mengobati penyakit cacingan


Jamu tradisional untuk mengobati penyakit cacingan


Jamu ayam bangkok yang dibuat secara tradisional sebenarnya sangat efektif untuk mengobati penyakit yang dihadapi oleh si ayam. selain itu, bahannya pun juga mudah diperoleh  di sekitar lingkungan kita. di kesempatan ini, saya sang penulis ingin membahas bagaimana cara mengobati atau merawat ayam bangkok atau petarung dengan menggunakan buah pinang.




Sebenarnya banyak jamu tradisional warisan leluhur kita yang ampuh dan mujarab untuk mengobati nafsu makan ayam, salah satunya yaitu dengan mengkonsumsi buah pinang yang di dunia Barat dikenal sebagai betel nut. biji pinang ini dikenal sebagai salah satu campuran orang makan sirih, selain gambir dan kapur. hasil riset dari para peneliti menemukan bahwa di dalam biji pinang terkandung alkaloida seperti misalnya arekaina (arecaine) dan arekolina (arecoline), yang sedikit banyak bersifat racun dan adiktif. kegunaan dari khasiat yang terkandung dalam biji pinang tersebut adalah dapat merangsang otak. selain itu, terdapat pula sediaan simplisia biji pinang yang ternyata bisa digunakan untuk mengobati penyakit cacingan pada ayam, sehingga akan menambah nafsu makan ayam itu sendiri. secara tradisional, biji pinang digunakan dalam ramuan untuk mengobati sakit disentri, diare berdarah, dan kudisan.

Jadi, sebenarnya manfaat buah pinang merupakan obat yang ampuh dan akan memberikan efek yang bagus pada ayam terutama  untuk mengatasi nafsu makan karena telah terbukti secara ilmiah, dan merupakan warisan alamiah.

Cara pemakaian :
  1. siapkan beberapa biji buah pinang muda
  2. kupas kulitnya sampai bersih
  3. iris 1 biji buah pinang menjadi 3 bagian
  4. masing-masing bagian ditumbuk
  5. suapkan seekor ayam 1 bagian selama 1 minggu berturut-turut.
Selamat mencoba, dan tunggu hasilnya!



Arif jamu tradisional untuk mengobati penyakit cacingan By Tarung Jago Published: 2012-12-04T11:59:00-08:00 jamu tradisional untuk mengobati penyakit cacingan 5.0 99 reviews
jamu tradisional untuk mengobati penyakit cacingan
Posted by: Arif Tarung Jago Updated at: 11.59