Loading...

Penyakit Flu, Ngorok Ayam (SNOT)


Penyakit ini (SNOT) sesungguhnya sangatlah sederhana  namun salah-salah dapat membuat bingung peternak. Penyakit ini penyebaranya cukup cepat apalagi jika ayam yang telah terjangkit penyakit snot ini tidak segera dikarantina dan diobati. Saya katakan sederhana karena gejalanya tidak seperti akan membunuh ayam yang terjangkit, namun jika tidak segera diatasi tingkat kematian setiap waktunya dapat semakin tinggi mulai dari 30%-90%. Kemungkinan kematian ini dapat berlanjut secara paralel ke Ayam-ayam yang masih sehat terutama bagi peternak yang mengandangkan ayamnya secara bersamaan dengan sirkulasi udara yang kurang baik.
Adapun gejalanya sebagai berikut :
  1.  Ayam biasanya akat terlihat pucat lesu pada wajahnya (segera waspada).
  2. Dalam waktu kurang dari 2 jam ayam mulai tidak bergairah baik makan maupun saat bergerak.
  3. Timbul suara ngorok dan pilek(seperti bersin2).
  4. Ayam terlihat kedinginan(demam) ditandai dengan bulunya mengembang dan ayam biasanya terduduk meringkuk seperti ayam tidur.
  5.  Keluar lendir dari rongga mulut, dan mata/kelopak mata serta mencret (akibat malas makan)
  6. Pencernaan kurang baik ditandai dengan kotoran masih utuh (ex: ketika dipaksa/diloloh makan beras, maka akan masih ada beras2 yang utuh dalam kotoranya), Kadang pula terlihat mencret (cair).
Adapaun dampak dari penyakit ini bermacam-macam bergantung pada tingkat keakutanya mulai dari yang teringan hingga terberat. Berikut saya mencoba merangkum secara sederhana dampa ari penyakit snot ini :
  1. Tingkat keterakutan 30% kemungkinan sembuh sangat tinggi (gejala no : 1,2 dan 4, kita masih bisa tersenyum..)
  2. Tingkat keakutan 50% Kemungkinan sembuh cukup (gejala no 1, 2, 3, dan 4 dengan syarat mata masih dapat terbuka dan bening).
  3. Tingkat keakutan 75-90% Tingkat kematian sangat tinggi sangat sulit untuk tertolong (gejala no: 1,2,3,4,5, dan 6 ayam kurang dari 12 jam ayam akan kejang-kejang dan mati).
Demikian pengalaman yang pernah saya alami, ketika Ayam-ayam kita terjangkit penyakit snot/pilek ini akan sangat membingungkan karena ayam menjadi malas makan dan bergerak. Adapun cara-cara pngobatanya akan saya lanjutkan pada lain waktu.
Cara Penanggulangan dan Pengobatan Penyakit flu/pilek/snot pada ayam (klil here)

Salam Ayam_Moster
Petok...Petok....


Arif Penyakit Flu, Ngorok Ayam (SNOT) By Tarung Jago Published: 2013-01-01T22:05:00-08:00 Penyakit Flu, Ngorok Ayam (SNOT) 5.0 99 reviews
Penyakit Flu, Ngorok Ayam (SNOT)
Posted by: Arif Tarung Jago Updated at: 22.05