Loading...

Seberapa Besarkah Kepedulian Kita Terhadap Hewan Liar

Burung Julang Emas Kian Terancam Punah
Kali ini kita mencoba menilik beberapa nasib satwa - satwa liar yang ada di Indonesia ataupun di seputar daerah kita baik itu satwa burung ataupun hewan - hewan liar yang mungkin sampai saat ini masih sering kita jumpai di tempat - tempat pasar burung dan hewan.

Mungkin di Indonesia dan kita sebagai pehobi binatang yang kurang memperhatikan nasib dan tidak pedulinya akan nasib beberapa jenis satwa liar yang mungkin akan terancam punah.

Beberapa nasib satwa-satwa liar di Indonesia mungkin sebagaian terlindungi dan baik-baik saja, tetapi ada juga beberapa dari mereka sebenarnya sangat rentan dan terancam hilang dari muka bumi ini karena mengalami nasib yang sangat buruk dan juga memprihatinkan.

Banyak hewan - hewan liar dan burung yang dijadikan sebagai binatang peliharaan untuk dipelihara dikandang, di ekspor ke luar negeri, bahkan ada yang di bunuh dan juga dijadikan untuk menu makanan ( masakan ) ataupun menu sarapan.

Sebetulnya seberapa besarkah diantara kita yang memperdulikan nasib mereka, sebagai penggemar hewan dan burung kita juga pasti tahu dan seharusnya dapat mengetahui mana yang benar dan mana yang tidak perlu dilakukan, akan tetapi mengapa masih ada dan banyak yang melakukan hal yang menurut kita tidak perlu dilakukan, dan apakah kita sudah tidak peduli terhadap mahluk hidup di sekelilingnya karena memang semata mereka melakukannya untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Jika sudah membicarakan masalah kelangsungan hidup, tidak seharusnya pula kita mengeksploitasi hewan dan burung di setiap hutan dimana situlah tempat hidup mereka untuk berkembang biak.

Berikut ini kita melihat satu dari ribuan kejadian diluar sana, bahwa mereka masih melakukan tindakan yang menurut saya sebetulnya tidak perlu terjadi.

Ket. 
  • Puluhan burung julang emas (Aceros undulatus) disita petugas Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur, beberapa Tahun yang silam tepatnya 2011. 
  • Selain itu petugas juga menyita satwa dilindungi lainnya yang akan diekspor yaitu seekor burung elang jenis ular bido dan seekor lutung jawa dari seorang pedagang satwa di Klaka, Lumajang, Jawa Timur. SURYA/SUGIHARTO.
Trenggiling (Manis javanica)

Ket.
  • Siap Untuk Di Eksport / Di Jual








Tringgiling gantung ini juga siap di perjual belikan
Tringgiling Gantung













Tringgiling Susu
Tringgiling Susu













 










kukang









Elang Jawa (Spizaetus bartelsi)








 Elang Ular Bido (Spilornis cheela)









Elang Ular Bido (Spilornis cheela)







Alap-alap Sapi (Falco moluccensis)











Yang kita lihat ini adalah hewan - hewan liar yang diperjual - belikan, mungkin kita semua tidak dapat menyangkan bahwa hal ini bisa terjadi, tetapi memang hal ini sudah terjadi dan beberapa sudah berhasil dihentikan, tetapi beberapa juga ada yang belum dapat di hentikan.

Jika saja hal-hal ini tidak di berhentikan, bagaimana nasib mereka semua di kemudian hari? Mungkin yang akan terjadi adalah beberapa dari mereka hanya tinggal nama saja ( punah ) dan anak cucu kita hanya dapat mengenalnya lewat foto-foto yang ada saja.

Untuk itu kita harus benar-benar memperhatikan hal ini dan menghentikan semuanya itu dan untuk para pihak yang berwajib untuk lebih memperketat hukum, agar dapat menjauhkan mereka semua dari kepunahan.



Arif Seberapa Besarkah Kepedulian Kita Terhadap Hewan Liar By Tarung Jago Published: 2013-01-06T10:18:00-08:00 Seberapa Besarkah Kepedulian Kita Terhadap Hewan Liar 5.0 99 reviews
Seberapa Besarkah Kepedulian Kita Terhadap Hewan Liar
Posted by: Arif Tarung Jago Updated at: 10.18