Loading...

Cara mengobati penyakit korep pada ayam bangkok aduan



Cara mengobati penyakit korep pada ayam bangkok

Apabila ayam bangkok aduan terjangkit penyakit yang menyebabkan kepalanya berwarna putih seperti bedak, selain menular penyakit korep ini juga menyebabkan daya tahan tubuh ayam menurun dan kurang fit. ayam akan semakin terlihat pucat, nafsu makan menurun & akan semakin kurus hingga diakhiri dengan kematian.

  • Penyebab Korepan pada ayam aduan

Penyakit penyakit korep biasanya timbul karena kurangnya kebersihan dari permukaan kulit ayam. juga bisa disebabkan oleh kurangnya perawatan pada waktu diadu dalam membersihkan kepala sehingga menyebabkan korep. selain itu juga bisa tertular oleh ayam lain saat di adu.
  • Pencegahan Penyakit korep

Untuk pencegahan penyakit korep sendiri dapat dilakukan setiap ayam habis diadu, dengan melakukan pembasuhan muka atau permukaan kulit ayam dengan air hangat. setelah itu berikanlah anti biotik atau alkohol untuk menghindari infeksi dan juga mencegah munculnya korep.




  • Sedangkan cara mengobati penyakit korep pada ayam bangkok aduan antara lain : 

- memandikan dengan air rebus daun sirih kemudian keringkan setelah itu oleskan obat salep kulit pada bagian yang terkena bercak putih.
- selama pengobatan jangan di mandikan lagi dan kontrol setiap hari jika terdapat bercak baru oles kembali pada bagian tersebut.
-Pakailah salep Albert T atau Nosip, oleskan sehari dua kali, tipis aja, cukup dua hari, seterusnya jangan kena air (jangan dimandikan). hari ke lima, cucilah atau dilap pakai kain yang dibasahi minyak goreng yang dicampur bubuk tetra chlor, dan jangan terlalu basah. dan dalam 10 hari jangan sekali-kali kena air, ayam tetap dijemur.
-atau dengan cara tradisional yaitu menggunakan perasan pare, minyak goreng bekas, garam, betametason/antibiotik digerus dan dicampur.
Arif Cara mengobati penyakit korep pada ayam bangkok aduan By Tarung Jago Published: 2013-02-21T10:10:00-08:00 Cara mengobati penyakit korep pada ayam bangkok aduan 5.0 99 reviews
Cara mengobati penyakit korep pada ayam bangkok aduan
Posted by: Arif Tarung Jago Updated at: 10.10