Loading...

Cara perawatan ayam bangkok disaat peralihan musim


Pada peralihan musim, tak jarang membawa penyakit baik bagi manusia maupun hewan. untuk ayam bangkok aduan sendiri, dengan adanya musim peralihan ini, kondisi ayam yang kurang terjaga dengan baik dapat terkena wabah penyakit. dan tak jarang juga wabah penyakit ini dapat menular dengan begitu cepatnya. ayam bangkok yang terserang penyakit apalagi sampai pada tahap "parah", bisa juga mengalami kematian. untuk itu, perawatan dan pemeliharan ayam pada musim ini sebaiknya ditingkatkan untuk menjaga stamina dan kondisi ayam. adapun cara-cara yang dapat dilakukan untuk merawat ayam supaya kondisinya tetap terjaga, dibawah ini ada tips-tips yang mungkin dapat berguna untuk menghadapi situasi dan kondisi disaat peralihan musim. 

Di negara ini, kita mengenal adanya 2 musim yaitu musim penghujan dan kemarau. pada musim penghujan, apalagi dengan kondisi curah hujan yang tinggi akan menyebabkan suhu yang lebih rendah dan meningkatnya kelembaban. selain itu, daya serap air oleh tanah akan terbatas sehingga dapat memacu genangan air dan juga dapat mengakibatkan kebanjiran. genangan air tersebut akan membawa virus atau bakteri yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh ayam. sedangkan pada musim kemarau, karena cuaca yang begitu panas akan mengakibatkan kurangnya kadar air di lingkungan sekitar, dan suhu yang lebih tinggi dari biasanya. dengan adanya peralihan musim ini, kondisi semacam ini merupakan faktor yang dapat mempengaruhi kualitas dari air yang digunakan untuk minum, pakan, dan lingkungan sekitar kandang.

Cara perawatan ayam bangkok aduan yang dapat dilakukan dengan adanya peralihan musim ini sebenarnya dapat dilakukan dengan cara-cara yang sederhana dan tidak perlu memakan biaya banyak. yang terpenting adalah rutinitas dan ketelatenan dalam melakukannya. 
Adapun cara-cara perawatan yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut :

  • Menjaga kebersihan dan kualitas air minum

Menjaga kebersihan dan kualitas air minum sebenarnya sangat penting dilakukan. karena air minum yang kurang bersih merupakan media perantara penyakit yang paling mudah. air yang kurang bersih, membawa bakteri yang masuk ke dalam tubuh ayam. bakteri yang masuk tersebut kalau tidak segera dilakukan penanganan yang efektif akan cepat menyebar di dalam tubuh ayam dan menyerang organ-organ tubuh ayam.

  • Menjaga kualitas pakan dan pola pemberiannya

Pola pemberian pakan yang baik seharusnya diiringi dengan kualitas pakan itu juga. soalnya dalam peralihan musim, pakan yang kurang baik akan menurunkan kadar gizi yang akan dicerna oleh tubuh. pakan yang kurang baik kualitasnya yang dimaksud disini misalnya pakan yang terserang oleh bakteri atau jamur. gizi yang kurang diasup oleh tubuh ayam mengakibatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit menurun. dengan adanya hal tersebut, kematian pun sering kali terjadi.


  • Menjaga kebersihan kandang

Kebersihan kandang hendaknya dijaga karena bisa mencegah merabahnya wabah penyakit. di sekitar kandang lebih baik diberi sistem irigasi yang berfungsi untuk mengalirkan air dan mencegah terjadinya genangan air. genangan air sangat disenangi oleh nyamuk, bakteri, dan virus, yang mengancam kesehatan ayam bangkok aduan. selain itu, memberi penutup pada kandang ayam juga diperlukan. bisa menggunakan kain atau karung supaya udara yang ada didalam kandang tetap segar. penutup ini dibuka pada pagi harinya, dan pada sore harinya ditutup kembali. akan tetapi, bila sedang musim penghujan, hendaknya penutup ini ditutup saja.


  • Memberikan tambahan vitamin

Pemberian tambahan vitamin ini bertujuan agar meningkatkan daya tahan tubuh ayam bangkok. vitamin yang diberikan pada saat pergantian musim ini dapat berupa obat-obatan kimia atau juga dengan obat tradisional yang ada di sekitar kita. dengan obat tradisional misalnya. pada musim penghujan, vitamin dengan obat tradisional diberikan dengan menggunakan jahe sebagai penghangat tubuh, buah pinang sebagai peningkat nafsu makan, dan campuran kunyit dan air gula untuk meningkatkan kondisi ayam. pola pemberiannya dapat dilakukan setiap hari pada pergantian musim ini, cukup 2x sehari. dan kadarnya pun jangan terlalu banyak, karena dapat menyebabkan over dosis pada ayam.


Selamat mencoba,,,,
dan semoga bermanfaat..


Arif Cara perawatan ayam bangkok disaat peralihan musim By Tarung Jago Published: 2013-02-25T07:27:00-08:00 Cara perawatan ayam bangkok disaat peralihan musim 5.0 99 reviews
Cara perawatan ayam bangkok disaat peralihan musim
Posted by: Arif Tarung Jago Updated at: 07.27