Loading...

PERKAWINAN AYAM BANGKOK

Mengawinkan Indukan Ayam Bangkok Aduan

Kalau ada tertarik dengan ayam bangkok berikut adalah tips untuk mengkawinkan indukan ayanm bankok yang sudah siap kawin dan untuk menghasilkan telor yang baik juga hasil yang baik pula.


Induk dikawinkan bisa dilakukan dengan dua cara:

Cara pertama, Induk jantan dan induk betina dilepaskan dalam kandang 4m x 6m.dengan perbandingan satu pejantan untuk empat okor betina. 

Cara kedua, dikenal dengan cara dog-dogan yaitu induk betina dipegang dengan posisi ekor menghadap kedepan kemudian disodorkan keinduk jantan,induk jantan yang baik akan langsung mengawini induk betina. Jika pakan ayam terpenuhi induk betina akan bertelor 14 hari setelah kawin dan selama masa bertelor sampai selesai induk betina dikawinkan setiap hari supaya semua telor terbuahi dengan baik oleh induk jantan. 

Selama masa kawin sampai selesai masa bertelor induk betina sebaiknya diberikan vitamin secara rutin sekali dua hari yaitu multi vitamin (SUPRAVIT) dan tablet calk (tablet calcium untuk membantu pertumbuhan pada anak-anak). 

Tablet calk ini diberikan sekali 4 hari ditambah dengan pemberian minyak ikan sebutirsetiap hari.Disamping itu diberikan juga gilingan kulit kerang yang dicampurkan kedalam makanannya,ingat!... untuk 1 sendok makan gilingan kulit kerang dicampurkan kedalam makanan untuk 10 ekor induk betina.

Gilingan kulit kerang ini diberikan sekali 4 hari selama masa bertelor,pemberian yang berlebihan bisa mengakibatkan perdarahan pada anus ayam. Semua itu diberikan untuk mendapatkan bibit unggul atau untuk memperbaiki kualitas telor agar kita nantinya mendapatkan ayam aduan yang benar-benar tangguh.
Arif PERKAWINAN AYAM BANGKOK By Tarung Jago Published: 2013-02-03T23:44:00-08:00 PERKAWINAN AYAM BANGKOK 5.0 99 reviews
PERKAWINAN AYAM BANGKOK
Posted by: Arif Tarung Jago Updated at: 23.44