Loading...

Tips untuk mendeteksi jenis kelamin anak ayam bangkok aduan


Anakan ayam bangkok aduan

Bagi para penggemar dan pecinta ayam, biasanya sudah bisa mendeteksi jenis kelamin ayam pada saat sudah menetas. bagi orang awam yang baru mengenal dunia ayam, mendeteksi jenis kelamin anak ayam memang susah dikarenakan bentuk fisik dan rupa hampir sama. tetapi jangan berkecil hati dulu, karena sebenarnya ada tips dan cara yang bisa digunakan untuk mendeteksi jenis kelamin ini dimana tipe pejantan dan betina dapat ditelusuri lewat ciri-ciri yang akan dijelaskan di bawah nanti. 

Perbedaan tipe pejantan dan betina dapat ditelusuri lewat chick sexing. chick sexing itu sendiri mempunyai peran yang penting dalam proses pemeliharaan ternak ayam. jenis kelamin anak ayam pada usia 1 hari memang sangat susah untuk dideteksi. akan tetapi, di bawah ini akan dijelaskan tips dan trik yang bisa dilakukan oleh pemula untuk mendeteksi jenis kelamin ayam. 

a. Dengan cara vent sexing
Merupakan cara untuk membedakan jenis kelamin berdasarkan lubang alat kelamin. hal yang dapat dilihat untuk melihat dan mendeteksi calon pejantan adalah dengan melihat dan meraba. apabila terdapat tonjolan atau lubang jarum berwarna kuning, putih dan bahkan ada yang hitam, maka dapat disimpulkan akan menjadi bakal pejantan. begitu sebaliknya dengan bakalan betina. bakalan betina mempunyai ovarium yang berbentuk seperti huruf V. vent sexing sangat sulit dilakukan, karena bentuk tonjolan yang ada biasanya sangat kecil dan hampir tak terlihat. tetapi, vent sexing sangat mudah bagi para pecinta dan penggemar ayam. trik semacam ini masih diragukan, karena ketidak pastian jenis kelamin belum dideteksi dengan jelas.

2. Metode feather sexing

Merupakan cara mendeteksi jenis kelamin anak ayam yang berawal dari melihat bagian tubuh ayam.  tubuh yang dimaksud merupakan bagian sayap pada anak ayam itu sendiri. bagian sayap yang dapat dideteksi untuk menyimpulkan apakah jenis kelamin ayam tersebut betina atau jantan dapat ditelusuri dari pertumbuhan bulunya. bakalan pejantan biasanya lebih cepat tumbuh dan besar. begitu pula sebaliknya dengan bakalan betinanya. 

3. Dengan penggunaan alternatif Lain
Cara yang mudah atau alternatif lain dengan cara membagi anak ayam yang masih belum jelas atas jenis kelamin tersebut. karena anak ayam yang baru menetas belum memiliki tombel sehingga cara yang dapat digunakan dengan menunggu pertumbuhan bulu dan warna tombel yang ada. jika berwarna merah, berarti merupakan bakalan pejantan. jika berwarna pink, biasanya merupakan bakalan betina.  
Arif Tips untuk mendeteksi jenis kelamin anak ayam bangkok aduan By Tarung Jago Published: 2013-02-24T07:19:00-08:00 Tips untuk mendeteksi jenis kelamin anak ayam bangkok aduan 5.0 99 reviews
Tips untuk mendeteksi jenis kelamin anak ayam bangkok aduan
Posted by: Arif Tarung Jago Updated at: 07.19