Loading...

Warna dan jenis bulu ayam bangkok asli


Secara fisik, bulu memang sama dari segi bentuk. tetapi kalau secara fisual, bulu memiliki nilai pesona tersendiri bagi ayam tersebut. mungkin ada para penghobi ayam bangkok yang sangat fanatik dengan bulu, bahkan ada yang mengangap bahwa bulu mempengaruhi kualitas ayam. namun semua itu dikembalikan ke individu masing-masing. mengenai pengertian dari warna dan jenis bulu ayam bangkok asli, akan dijelaskan dibawah ini.

1. WIRING
Warna bulu ayam bangkok jantan asli yang paling populer & berkelas adalah warna wiring. corak warna ini terdiri dari warna dasar hitam dengan bulu rawis leher & ekor berwarna kuning kemerahan. jika warna rawis cenderung berwarna kuning keemasan disebut wiring kuning, sedangkan jika lebih cenderung berwarna merah tua kecoklatan disebut wiring galih.

2. WANGKAS
Berbeda dengan wiring yang memiliki warna dasar hitam, ayam wangkas memiliki warna dasar yang hampir sama dengan warna rawisnya yaitu kuning kemerahan. jika warna bulu cenderung kuning keemasan disebut wangkas emas, namun jika warnanya lebih gelap kemerahan disebut wangkas geni.

3. KLAWU
Warna bulu ayam bangkok asli klawu memiliki warna dasar abu-abu. jika rawisnya berwarna abu-abu gelap/abu-abu kehitaman disebut klawu kethek. dan jika warnanya abu-abu kemerahan disebut klawu geni.

4. BLOROK
Warna bulu ayam bangkok asli selanjutnya yaitu blorok yang berarti kondisi ketika bulu ayam berwarna totol-totol dan merupakan kumpulan dari berbagai warna. warna blorok yang sederhana hanya terdiri dari warna putih bertotol hitam & warna rawisnya adalah merah. namun warna blorok akan istimewa jika kombinasi warna dasarnya lengkap yaitu putih, hitam, merah, dan hijau dengan rawis berwarna putih kemerahan, warna tersebut disebut blorok madu.

5. JRAGEM
Warna bulu ayam bangkok asli yang satu ini biasanya berwarna hitam pekat, beserta rawisnya. jika kulit tubuh, mata, paruh, serta sisiknya berwarna hitam semua disebut warna cemani. untuk ayam bangkok jarang yang memiliki warna ini, warna ini terjadi apabila ada garis keturunan yang bersilangan dengan ayam cemani atau ayam kampung.

6. JALI
Warna bulu ayam bangkok asli jali terdiri dari unsur warna blirik yang merupakan campuran warna tapi dalam noktah atau garis-garis kecil. berbeda dengan warna blorok yg berpola totol, ayam bangkok jarang yang berwarna ini. tetapi ada orang yang sangat memburu warna asli warna ini karena langka dan berkesan eksotis.

7. PUTIH
Warna bulu ayam bangkok asli putih ini dianggap berbulu putih apabila ayam bangkok memiliki warna putih semua baik dari warna dasarnya maupun dari warna rawis. beberapa ayam jenis ini memiliki warna rawis berbeda namun warna dasarnya sama yaitu putih.

Dari penjelasan diatas, warna-warna tersebut merupakan warna dasar yang dimiliki oleh ayam bangkok asli. dalam persilangan, masing-masing warna memiliki varian beragam, sebagian orang menganggap warna sebagai standar kualitas. warna wiring dan wangkas adalah yang paling berkelas dibandingkan dengan warna yang lain, namun semuanya tergantung dari pilihan anda masing-masing.
Arif Warna dan jenis bulu ayam bangkok asli By Tarung Jago Published: 2013-02-17T05:44:00-08:00 Warna dan jenis bulu ayam bangkok asli 5.0 99 reviews
Warna dan jenis bulu ayam bangkok asli
Posted by: Arif Tarung Jago Updated at: 05.44