Loading...

Tips dan Trik memandikan ayam bangkok pada saat diadu


Ayam bangkok yang akan diadu atau bertarung sebaiknya dimandikan terlebih dahulu supaya ayam terlihat segar bugar. untuk melakukan hal ini, diperlukan usaha yang ringan alias enteng gitu deh,hehe... karena tak jarang hal seperti ini seringkali menjadi faktor kemenangan atau kekalahan dalam arena bertarung ayam. adapun tips n trik memandikan ayam bangkok akan dijelaskan di bawah.



Oke, langsung saja ke TKP ya gan. 
Tips dan Trik memandikan ayam bangkok sebelum diadu dapat dilakukan dalam beberapa langkah :
1. Langkah pertama 
Sebelum dimandikan, ayam terlebih dahulu dikeluarkan lendirnya dengan memasukkan bulu ayam (dilolohkan) sambil diputar sampai tenggorokannya bersih dari lendir. kemudian pada saat ayam diberi minum, jangan sampai kembung karena dapat mengakibatkan ayam muntah pada saat diadu. selain itu, usahakan hidung ayam terjaga dari masuknya air yang berlebih karena akan sangat berpengaruh pada pernafasan ayam. basahilah bagian kepala, dada, leher, bagian bawah/ketiak dan bagian atas/pangkal sayap sampai pada bagian pantat (kloaka) dan paha. usahakan jangan sampai membasahi sayap supaya sayap-sayap ayam tidak rontok. setelah itu keringkan.

2. Langkah kedua :
Pada tahap kedua ini sebaiknya ayam jangan terlebih dahulu diberi minum atau dikeluarkan lendirnya, akan tetapi hal pertama harus dilakukan adalah mendinginkan badan ayam dengan cara menempelkan kain atau spons yang sudah dibasahi ke bagian dada, ketiak, dan pantat ayam. lakukan terus sampai nafas ayam stabil, setelah itu keluarkan lendir ayam dan berikan minum. kondisi ayam setelah pertarungan pada pemandian pertama dijadikan sebagai bahan evaluasi. pasalnya jika ayam menderita banyak luka dibagian kepala akibat terkena taji lawan (luka tusuk atau sobek), sebaiknya jangan dicuci atau dibasahi dengan air secara langsung karena akan menambah rasa sakit/nyeri pada luka ayam, cukup dibersihkan dan dikompres dengan kain tidak teralu basah pada bagian yang terkena tadi.

3. Langkah ketiga dan selanjutnya :
Memandikan ayam pada langkah ini biasanya sama seperti pada airan kedua, hanya saja pada airan ini ayam tidak perlu lagi dibasahi terlalu lama sehingga bobot ayam tak terlalu berat dikarenakan pada tahap ini tenaga ayam sudah banyak terkuras dan stamina yang sudah mulai menurun. 

Semoga ada manfaatnya deh, hehe... dan selamat mencoba.

Arif Tips dan Trik memandikan ayam bangkok pada saat diadu By Tarung Jago Published: 2013-02-15T11:30:00-08:00 Tips dan Trik memandikan ayam bangkok pada saat diadu 5.0 99 reviews
Tips dan Trik memandikan ayam bangkok pada saat diadu
Posted by: Arif Tarung Jago Updated at: 11.30